Jumat, 30 Maret 2018

Materi Tarikh

BAB I
DAKWAH RASULALLAH PERIODE MAKKAH
1. Masyarakat Jahiliyah

Hal pertama yang Rasullah berikan kepada umat adalah Aqidah, Rasulullah tinggal di Makkah selama tiga belas tahun. Selama itu, beliau menyeru kaumnya untuk bertauhid dan mengesakan Alloh dalam beribadah, berdo'a dan mengambil hukum serta menyeru untuk memerangi kemusyrikan. Hal itu terus beliau lakukan selama masa tersebut, sehingga aqidah Islam menjadi kokoh dan teguh dalam jiwa setiap sahabat, dan jadilah mereka orang-orang pemberani yang tidak takut kecuali kepada Alloh.

Karena itu, para da'i hendaknya memulai dakwahnya dengan mengajak kepada tauhid dan memperingatkan agar mereka tidak terjerumus dalam perbuatan musyrik. Dengan demikian, ia telah mengikuti teladan Rasulullah dalam berdakwah.

Objek dakwah Rasulullah I pada awal kenabian adalah masyarakat Arab jahiliah, atau masyarakat yang masih berada dalam kebodohan (aqidah). Kebodohan masyarakat Arab waktu itu, terdapat dalam bidang agama, moral, dan hukum.
2. Nabi Muhammad SAW menjadi Rasulallah

Alloh Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Pengasih lagi Maha Penyayang tidak membiarkan umat manusia, khususnya masyarakat Arab berada dalam kebodohan sepanjang zaman. Lalu Dia mengutus seorang nabi dan rasul-Nya yang terakhir yakni Nabi Muhammad I. Pengangkatan Muhammad sebagai nabi atau rasul Alloh, terjadi pada tanggal 17 Ramadan, 13 tahun sebelum hijrah (610 M) tatkala beliau sedang bertahannus di Gua Hira, waktu itu beliau genap berusia 40 tahun. Gua Hira terletak di Jahal Nur, beberapa kilo meter sebelah utara kota Mekah dan berada di lerengnya (kira-kira berjarak 20 m dari puncaknya).
3. Substansi Dakwah rasulallah
Substansi dakwah Rasulallah meliputi:
a. Memperbaiki akhlak
b. Menanamkaan Aqidah
c. Persamaan Derajat
4. Peristiwa-peristiwa penting masa Makkah
a. Isro' Mi'roj
b. Amul Azmi
c. Baitul Aqobah
5. Strategi Dakwah rasulallah SAW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar